Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Valeri Polyakov Manusia Terlama di Luar Angkasa

Menjadi angkasawan bukanlah hal yang mudah, banyak sekali kriteria yang harus dipenuhi mengingat tingginya resiko yang kemungkinan akan dihadapi. Pintar saja tidak cukup, jika fisiknya tidak mendukung.

Mengapa demikian? Ini karena angkasawan yang berada di luar angkasa akan menjalankan misi yang biasanya akan menghabiskan waktu yang tidak sebentar. Jadi, fisik yang kuat juga penting untuk seorang angkasawan.

Bicara soal keberadaan manusia di luar angkasa, kalian tahu tidak, jika ternyata pemegang rekor manusia terlama di luar angkasa itu bukan astronaut Amerika, melainkan cosmonaut Rusia.

Valeri Polyakov adalah angkasawan Rusia pemegang rekor manusia terlama berada di luar angkasa. Beliau menghabiskan 437 hari penuh mengorbit Bumi antara tahun 1994 hingga 1995 di stasiun luar angkasa Mir.

Valeri Polyakov
(Valeri Polyakov)

Selama kurang lebih 14 bulan itu, ia mengerjakan eksperimen untuk melihat apakah manusia dapat menjaga kesehatan mentalnya jika melakukan perjalanan jauh ke Mars. Hasilnya adalah ternyata tidak ada gangguan fungsi kognitif akibat ekspedisi yang dijalankan.

Polyakov lahir pada tahun 1942 di Tula, sebuah kota di selatan ibu kota Moskow. Sebelum menjadi cosmonaut Rusia, ia harus terlebih dahulu memenuhi syarat sebagai dokter.

Kemudian, ia diluncurkan pada misi pertamanya pada Agustus 1988 dan menghabiskan delapan bulan di orbit. Enam tahun selanjutnya, Polyakov melakukan penerbangan lagi yang membawanya menjadi manusia terlama di luar angkasa.

Polyakov tinggal dan bekerja di stasiun luar angkasa Mir dari 8 Januari 1994 hingga 22 Maret 1995. Selama itu ia berhasil mengorbit Bumi lebih dari 7.000 kali. Ia kemudian mengatakan bahwa durasi perjalanan tersebut setara dengan perjalanan ke Mars dan kembali lagi.

Kerja keras Polyakov tidak terbuang sia-sia, berkatnya kita memiliki pemahaman tentang bagaimana manusia dapat hidup dan bekerja di luar angkasa. Hal ini juga mungkin akan menjadi landasan bagi pencapaian terbesar umat manusia suatu hari nanti, yaitu menjelajah ke planet lain di luar planet kita.

Valeri Polyakov meninggal Senin, 19 September 2022, pada usia 80 tahun. Kematiannya diumumkan oleh badan antariksa Rusia dengan menggunakan gelar kehormatannya, termasuk sebagai pahlawan Uni Soviet dan pilot-cosmonaut Uni Soviet.