Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Heliosphere, Termination Shock, dan Heliopause?

Voyager 1 adalah pesawat luar angkasa yang terjauh menjelajah antariksa. Dalam perjalanannya, banyak sekali daerah atau batas luar angkasa yang sudah dan yang akan dilalui, seperti heliosphere, termination shock, dan heliopause.

Nah, untuk orang awam pasti asing dengan yang tadi disebutkan. Namun, jangan kuatir karena pada artikel ini akan dijelaskan istilah atau penamaan batas luar angkasa, khususnya yang di wilayah Tata Surya.

Batas Tata Surya
(Credit: BBC Sky at Night Magazine)

Heliosphere: Angin matahari yang memancar dari Matahari menciptakan gelembung yang melampaui orbit planet-planet, berbentuk seperti kaus kaki angin panjang saat bergerak bersama Matahari melalui ruang antarbintang.

Heliopause: Batas antara angin matahari dan angin antarbintang, dimana tekanan kedua angin tersebut seimbang. Keseimbangan tekanan ini menyebabkan angin matahari berputar balik dan mengalir ke ekor heliosphere.

Bow Shock: Gelombang kejut yang tercipta ketika angin matahari bertiup di medan magnet suatu planet.

Termination Shock: Batas yang menandai salah satu batas terluar pengaruh Matahari, dan merupakan salah satu batas Tata Surya. Di sinilah letak gelembung angin matahari. Partikel melambat sehingga partikel bergerak lebih lambat dari kecepatan suara.

Dark matter: Materi di ruang angkasa yang memiliki gravitasi. Bersama-sama antara dark matter dan dark energy membentuk 95% alam semesta. Itu hanya menyisakan 5% kecil untuk semua materi dan energi yang kita ketahui dan pahami.

Oort Cloud (Awan Oort): Cangkang bola raksasa yang mengelilingi Tata Surya kita. Ini seperti gelembung besar berdinding tebal yang terbuat dari potongan puing-puing ruang angkasa sedingin es, seukuran gunung dan terkadang lebih besar. Oort Cloud mungkin berisi miliaran, atau bahkan triliunan objek.

Interstellar Space (Ruang Antarbintang): Wilayah antara heliosphere Matahari kita dan astrosphere bintang lain.

Kuiper Belt (Sabuk Kuiper): Wilayah objek es berbentuk donat di luar orbit Neptunus. Ini adalah rumah bagi Pluto dan sebagian besar planet kerdil yang diketahui serta beberapa komet.

Asteroid Belt (Sabuk Asteroid): Wilayah antara orbit Mars dan Jupiter di mana sebagian besar asteroid di Tata Surya kita ditemukan mengorbit Matahari. Sabuk asteroid mungkin berisi jutaan asteroid.