Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

NASA Kirim Video Kucing Oren dari Luar Angkasa

Pada 11 Desember 2023 misi Psyche mengirimkan video kucing oren 15 detik ke Bumi. Sekilas video tersebut terkesan biasa saja, untuk orang awam mungkin hanya melihat video itu sebagai sebuah konten kucing oren yang sedang mengejar cahaya laser. Namun, faktanya video tersebut membuat tonggak sejarah baru dalam kecepatan pengiriman data.

Kucing NASA
(Source: jpl.nasa.gov)

Sebelum lebih jauh membahas video kucing oren, mari bahas secara singkat terlebih dahulu misi Psyche. Jadi, misi Psyche adalah pesawat ruang angkasa yang diluncurkan pada 13 Oktober 2023. Misinya bertujuan untuk observasi asteroid Psyche yang kaya logam, dan menguji komunikasi optik bandwidth tinggi ke Bumi.

The Deep Space Optical Communications (DSOC) adalah demonstrasi teknologi perintis yang akan membawa komunikasi laser ke level berikutnya. Sistem optik bandwidth tinggi ini direncanakan dapat menjadi jembatan komunikasi luar angkasa dan Bumi. Jangka panjangnya tentu saja untuk komunikasi manusia di Mars dan Bumi.

Nah, kembali ke video kucing oren. Jadi, setelah misi Psyche diluncurkan dan mengembara jauh di luar angkasa, pada 11 Desember 2023, misi Psyche mengirimkan video kucing dari jarak sekitar 19 juta mil (31 juta kilometer) atau 80 kali jarak antara Bumi dan bulan, ini menjadi rekor terbaru!

Video tersebut mencapai Bumi dalam 101 detik, lebih cepat daripada kebanyakan koneksi internet broadband. Pencapaian ini merupakan bagian dari demonstrasi teknologi NASA yang bertujuan untuk mengirimkan video dengan bandwidth sangat tinggi dan data lainnya dari luar angkasa.

“Pencapaian ini menggarisbawahi komitmen kami untuk memajukan komunikasi optik sebagai elemen kunci untuk memenuhi kebutuhan transmisi data di masa depan,” kata Wakil Administrator NASA Pam Melroy. Dikutip dari jpl.nasa.gov.

Lebih lanjut dia juga mengatakan “Meningkatkan bandwidth sangat penting untuk mencapai tujuan eksplorasi dan sains di masa depan, dan kami menantikan kemajuan berkelanjutan dari teknologi ini dan transformasi cara kita berkomunikasi selama misi antar planet di masa depan.”

Demo tersebut mengirimkan video demo berdurasi 15 detik melalui instrumen mutakhir yang disebut transceiver laser penerbangan (flight laser transceiver).

Kucing NASA
(Source: jpl.nasa.gov)

Sinyal video membutuhkan waktu 101 detik untuk mencapai Bumi, dikirim dengan kecepatan bit maksimum sistem sebesar 267 megabit per detik (Mbps). Mampu mengirim dan menerima sinyal near-infrared, instrumen tersebut memancarkan laser near-infrared yang dikodekan ke Teleskop Hale di Observatorium Palomar Caltech di San Diego County, California, tempat instrumen itu diunduh.

Setiap frame dari video kemudian dikirim 'langsung' ke Jet Propulsion Laboratory NASA di California Selatan, tempat video tersebut diputar secara real time. Menariknya pengiriman video dari misi Psyche ke Bumi lebih cepat daripada kebanyakan koneksi internet broadband saat ini.

“Meskipun mentransmisikan dari jarak jutaan mil, ia mampu mengirim video lebih cepat daripada kebanyakan koneksi internet broadband,” kata Ryan Rogalin, pimpinan proyek elektronik penerima di JPL.

Dia juga mengatakan “Faktanya, setelah menerima video di Palomar, video tersebut dikirim ke JPL melalui internet, dan koneksinya lebih lambat dibandingkan sinyal yang datang dari luar angkasa..."

Mengapa harus video kucing? pasti banyak yang penasaran akan hal tersebut. Jadi, NASA ingin demo ini menyenangkan untuk semua kalangan, dan kucing dianggap mewakilinya.

Video kucing itu diunggah ke misi Psyche sebelum peluncurannya, video pendek ultra-high definition menampilkan kucing oranye bernama Tater, hewan peliharaan karyawan JPL, mengejar laser pointer, dengan grafis overlay.

Grafik video tersebut menggambarkan beberapa fitur dari demo teknologi, seperti jalur orbit Psyche, kubah teleskop Palomar, dan informasi teknis tentang laser dan kecepatan bit datanya. Detak jantung, warna kulit, dan ras Tater juga ditampilkan.