Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Roket China Jatuh di Pemukiman Warga

Booster CZ3B

Pada tanggal 27 Desember 2023, akun @CNSAWatcher membagikan sebuah video peristiwa jatuhnya booster roket CZ3B China di X atau twitter. Insiden itu terjadi di wilayah Guangxi, China.

Dalam video tersebut, terlihat booster CZ3B yang jatuh menyebabkan ledakan sehingga menimbulkan asap berwarna kuning, diduga itu merupakan bahan bakar beracun berbahan dasar UDMH (Unsymmetrical dimethylhydrazine).

Hingga artikel ini diterbitkan, belum ada kepastian apakah menimbulkan korban jiwa atau tidak. Namun, yang jelas tetap ada kerugian materiil akibat dari dahsyatnya ledakan serta serpihan booster yang mengenai rumah warga.

CZ3B juga dikenal sebagai Long March 3B atau LM3B (Chang Zheng 3B) adalah kendaraan peluncuran orbital China. Diperkenalkan pada tahun 1996, diluncurkan dari Area Peluncuran 2 dan 3 di Pusat Peluncuran Satelit Xichang di Sichuan.

CZ3B adalah roket tiga tahap dengan empat penguat roket cair yang diikatkan, ini adalah varian terberat dari keluarga roket Long March 3, dan utamanya digunakan untuk menempatkan satelit komunikasi ke orbit geosynchronous.