Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Exoplanet dan Bagaimana Cara Menemukannya

Tata surya kita terdiri dari delapan planet, termasuk Bumi salah satunya. Semua planet di tata surya mengorbit atau mengelilingi Matahari (bintang kita).

Kemudian, pasti timbul pertanyaan, apa di luar tata surya kita terdapat planet lain? Jawabannya tentu saja ada, itu disebut sebagai exoplanet. Jadi, exoplanet adalah planet yang mengorbit bintang lain atau yang tidak mengorbit Matahari.

Exoplanet
(Credits: NASA/W. Stenzel - exoplanets.nasa.gov)

Cara Mengetahui Keberadaan Exoplanet

Exoplanet terletak sangat jauh dari Bumi, untuk mengamatinya tidak dapat menggunakan teleskop langsung. Mengapa demikian? Ini karena exoplanet tersembunyi oleh cahaya bintang yang mereka orbit.

Maka dari itu, dikutip dari spaceplace.nasa.gov, para astronom mencari exoplanet dengan cara melihat pengaruh planet-planet tersebut terhadap bintang yang diorbitnya.

Salah satu cara untuk mencari exoplanet adalah dengan mencari bintang yang “goyang”. Bintang yang memiliki planet tidak mengorbit dengan sempurna di sekitar pusatnya. Dari jauh, orbit di luar pusat ini membuat bintang terlihat seperti sedang bergoyang.

Ratusan planet telah ditemukan menggunakan metode ini. Namun, hanya planet berukuran besar, seukuran Jupiter atau bahkan lebih besar lagi, yang dapat dilihat dengan cara ini. Planet kecil mirip Bumi jauh lebih sulit ditemukan karena hanya menimbulkan goyangan kecil yang sulit dideteksi.

Cara Menemukan Exoplanet Berukuran Seukuran Bumi atau Lebih Kecil Lagi

Untuk mendeteksi keberadaan exoplanet dapat menggunakan metode pengaruh planet-planet terhadap bintang yang diorbitnya. Namun, cara tersebut hanya efektif untuk mendeteksi planet yang berukuran besar.

Jadi, untuk mendeteksi planet yang berukuran kecil seperti Bumi membutuhkan metode yang berbeda. NASA sebagai badan antariksa yang paling maju, menggunakan cara mengirimkan teleskop luar angkasa secara langsung untuk melakukan observasi.

Teleskop luar angkasa Kepler adalah misi perburuan exoplanet pertama NASA, yang diluncurkan pada tahun 2009 dan ditugaskan untuk mencari planet seukuran Bumi yang mengorbit bintang di luar tata surya kita di sebagian galaksi Bima Sakti.

Teleskop Kepler
(Teleskop Kepler - Credits: NASA)

Misi Kepler telah menghasilkan banyak penemuan baru, yang paling fenomenal Kepler telah berhasil menemukan adanya keberadaan planet yang berbatu yang jaraknya sangat istimewa dari bintangnya. Ini disebut sebagai zona layak huni (habitable zone) yang memungkinkan adanya kehidupan.

Lebih dari itu, misi Kepler ini telah menemukan ribuan exoplanet. Dengan keberhasilan misi Kepler, ini memberikan rasa optimis kita untuk terus berusaha mengeksplorasi luar angkasa lebih jauh lagi.