Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Indonesia China Kerja Sama Penelitian Bulan

Indonesia memang masih tertinggal dalam hal teknologi, khususnya yang berkaitan tentang eksplorasi luar angkasa. Oleh karena itu, opsi kerja sama dengan negara lain yang lebih maju adalah sebuah hal yang realistis dan layak untuk dilakukan.

Indonesia China

Dikutip dari media China, Weibo, pada tanggal 11 Desember 2023, selama kunjungannya ke Jakarta, Indonesia, Wu Weiren, akademisi dari Chinese Academy of Engineering, kepala perancang proyek eksplorasi bulan China, dan direktur Deep Space Exploration Laboratory (DSEL), secara resmi menandatangani "MoU kerja sama Stasiun Penelitian Bulan Internasional (ILRS)" dengan operator satelit Indonesia PT Universal Satelit Indonesia (UniSat).

Kolaborasi ini diharapkan bersama-sama dapat mendorong kerja sama yang mendalam di bidang Stasiun Penelitian Bulan Internasional.

Indonesia China

Bapak Haryanto Sie, pimpinan perusahaan satelit UNISAT Indonesia, menyambut hangat kunjungan Akademisi Wu Weiren dan menyatakan bahwa ia akan secara aktif mempromosikan dan berpartisipasi dalam berbagai kerja sama antara pemerintah China dan Indonesia di bidang Stasiun Penelitian Bulan Internasional.

Wu Weiren juga menyambut baik perusahaan satelit UNISAT Indonesia dan diharapkan lebih banyak perusahaan dirgantara, serta lembaga penelitian ilmiah Indonesia untuk berpartisipasi dalam kerja sama rekayasa ilmiah Stasiun Penelitian Bulan Internasional.

PT Universal Satelit Indonesia (UniSat) adalah perusahaan penyedia layanan satelit telekomunikasi dan informasi. Perusahaan UNISAT Indonesia didirikan pada Januari 2016 dan merupakan salah satu operator satelit VSAT lokal di Indonesia.

Perusahaan ini menyediakan layanan transponder untuk kebutuhan telekomunikasi, broadcasting, dan komunikasi data. Layanan UniSat juga mencakup sektor lain seperti perikanan, transportasi, tambang, dan kehutanan.