Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Europa Bulan Jupiter yang Memiliki Air

Planet Jupiter merupakan planet terbesar yang ada di Tata Surya. Hingga 23 Oktober 2023 planet ini tercatat memiliki 95 bulan yang diakui oleh International Astronomical Union.

Dari banyaknya bulan yang dimiliki Jupiter, terdapat satu bulan yang cukup membuat para ilmuwan penasaran, yaitu Europa. Alasannya karena Europa diyakini oleh para ilmuwan memiliki air asin dalam jumlah yang banyak.

Europa
(Europa bulan Jupiter - Source: science.nasa.gov)

Europa adalah bulan terdekat keenam dari planet Jupiter. Menurut para ilmuwan dari NASA, Europa terbuat dari batuan silikat dan memiliki kerak air-es dan mungkin inti besi-nikel.

Bulan ini memiliki atmosfer yang sangat tipis, terutama terdiri dari oksigen. Retakan dan guratan menghiasi permukaannya, namun jumlah kawah relatif sedikit.

Para ilmuwan hampir yakin, bahwa di bawah permukaan es Europa tersembunyi lautan air asin yang jumlahnya dua kali lebih banyak dari lautan yang ada di Bumi, dan mungkin mengandung unsur-unsur kimia yang merupakan bahan utama kehidupan.

Untuk menjawab semua misteri tersebut, NASA pada tahun 2024 dikabarkan akan mengirimkan pesawat ruang angkasa Europa Clipper untuk menyelidiki apakah Europa memiliki kemampuan untuk mendukung kehidupan, dan misi ini dijadwalkan memasuki orbit dan memulai observasinya pada tahun 2030.