Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proses Menegangkan Extravehicular Astronot China

Kalian pernah melihat foto atau video seorang astronot melayang di luar angkasa? Kegiatan ini disebut sebagai aktivitas extravehicular.

Jadi, aktivitas exstravehicular adalah setiap aktivitas yang dilakukan oleh astronot di luar angkasa di luar pesawat ruang angkasa.

Kita umumnya lebih sering melihat aktivitas exstravehicular dilakukan oleh astronot dari Amerika atau Eropa yang biasanya dilakukan di sekitar Stasiun Luar Angkasa Internasional atau lebih sering dikenal sebagai ISS.

Namun, stasiun luar angkasa bukan hanya ISS, melainkan ada satu lagi, yaitu punya China yang bernama Tiangong.

Dengan demikian, sudah tentu semenjak kehadiran Tiangong maka sudah banyak pula astronot China yang melakukan kegiatan exstravehicular.

Contohnya baru-baru ini astronot China, Tang Hongbo dan Tang Shengjie melakukan aktivitas exstravehicular selama 7,5 jam. Mereka memperbaiki susunan modul surya Tianhe yang rusak akibat serangan mikrometeor.

exstravehicular
(Source: mp.weixin.qq.com)

Dikutip dari China Space News, pada pukul 21:35 tanggal 21 Desember, setelah sekitar 7,5 jam aktivitas exstravehicular, astronot Shenzhou 17 Tang Hongbo, Tang Shengjie, dan Jiang Xinlin bekerja sama secara erat dalam lengan robotik stasiun luar angkasa dan peneliti ilmiah darat.

Dengan kerja sama dan dukungan modul inti Tianhe, tugas-tugas yang dilakukan seperti uji perbaikan sayap modul surya inti Tianhe telah selesai.

exstravehicular
(Source: mp.weixin.qq.com)

Astronot Tang Hongbo dan Tang Shengjie telah kembali dengan selamat ke modul exsperimental Wentian, dan aktivitas exstravehicular telah selesai. Semuanya berjalan sesuai rencana.