Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Uji Terbang Kedua Starship Belum Sukses Sepenuhnya

Starship
(Uji terbang Starship kedua)

18 November 2023 merupakan hari peluncuran uji terbang kedua Starship, roket terkuat yang pernah dibuat manusia. SpaceX adalah perusahaan kedirgantaraan milik Elon Musk yang memiliki peranan besar dalam pengembangan Starship.

Uji terbang pertama dilakukan pada 20 April 2023 dan bisa dikatakan tidak sukses, terdapat sejumlah masalah dalam penerbangan tersebut sehingga SpaceX memutuskan untuk meledakkan roketnya di atas Teluk Meksiko beberapa menit setelah lepas landas.

Serupa pada uji terbang pertama, uji terbang kedua juga belum sukses sepenuhnya. Starship lepas landas dari Starbase SpaceX di Texas Selatan pada hari Sabtu, 18 November 2023.

Misi uji terbang kedua dimaksudkan untuk mengirim bagian atas kendaraan luar angkasa tersebut mengelilingi Bumi.

Tujuan akhir dari misi ini adalah pendaratan di Samudera Pasifik dekat Hawaii, atau sekitar 90 menit setelah peluncuran.

Namun, uji terbang kedua berakhir hanya dalam waktu delapan menit, ini karena terjadi masalah pembongkaran atau pelepasan cepat tak terjadwal pada tahap atas Starship.

Administrasi penerbangan federal (FAA) Amerika bertindak sangat cepat dalam menanggapi masalah yang dialami Starship yang diluncurkan pada 18 November tersebut.

"FAA akan mengawasi investigasi kecelakaan yang dipimpin SpaceX untuk memastikan SpaceX mematuhi rencana investigasi kecelakaan yang disetujui FAA dan persyaratan peraturan lainnya," tulis FAA di X pada hari Sabtu, 18 November 2023.

Dengan terjadinya beberapa masalah pada uji terbang kedua maka diperlukan evaluasi dan perbaikan, ini juga menjadi alasan tidak mungkin untuk melakukan uji terbang ketiga Starship di akhir tahun 2023.

Banyak media yang mengatakan bahwa misi uji terbang ketiga Starship SpaceX ditargetkan diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2024. Kita tunggu saja.