Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Starship Roket Terkuat untuk Ambisi Manusia ke Mars

Starship
(Starship)

Perlombaan membawa manusia untuk pertama kalinya ke Mars semakin seru. Amerika sejauh ini masih diunggulkan. Bukan tanpa alasan, pada 18 November 2023 SpaceX kembali melakukan uji terbang ke-2 Starship, roket terkuat yang pernah dibuat manusia yang direncanakan dapat membawa manusia ke Mars.

SpaceX adalah sebuah perusahaan kedirgantaraan yang didirikan oleh Elon Musk, sedangkan Starship adalah proyek besar dari SpaceX yang diharapkan dapat memenuhi ambisi Elon Musk untuk membawa manusia ke Mars, Bulan, dan lebih jauh lagi.

Starship
(Starship dan super heavy - credit: spacex.com)

Dikutip dari spacex.com, pesawat luar angkasa Starship dan roket Super Heavy SpaceX – yang secara kolektif disebut sebagai Starship – mewakili sistem transportasi yang sepenuhnya dapat digunakan kembali (reusable) yang dirancang untuk membawa awak dan kargo ke orbit Bumi, Bulan, Mars, dan lebih jauh lagi.

Starship adalah kendaraan peluncuran paling kuat di dunia yang pernah dikembangkan, memiliki tinggi 121 meter, diameter 9 meter, mampu membawa hingga 150 metrik ton muatan reusable sepenuhnya dan 250 metrik ton dapat dibuang (expendable).

Starship
(Starship - credit: spacex.com)

Starship adalah pesawat ruang angkasa yang sepenuhnya dapat digunakan kembali dan merupakan tahap kedua dari sistem Starship. Memiliki tinggi 50 meter, diameter 9 meter, dan kapasitas muatan hingga 150 metrik ton.

Starship hadir dalam beberapa konfigurasi berbeda, menawarkan bagian muatan terintegrasi dan mampu membawa awak dan kargo ke orbit Bumi, Bulan, Mars, dan sekitarnya.

Starship juga mampu melakukan transportasi titik-ke-titik di Bumi, memungkinkan perjalanan ke mana pun di dunia dalam waktu satu jam atau kurang.

Starship
(Super heavy - credit: spacex)

Super Heavy adalah tahap pertama, atau booster dari sistem peluncuran Starship. Ditenagai oleh 33 mesin Raptor yang menggunakan metana cair sub-pendingin (CH₄) dan oksigen cair (LOX), Super Heavy sepenuhnya reusable dan akan memasuki atmosfer Bumi untuk mendarat kembali di lokasi peluncuran.

Super Heavy memiliki tinggi 71 meter, diameter 9 meter, dan menghasilkan daya dorong lebih dari 16 juta pon. Ini kira-kira dua kali lipat daya dorong roket Saturn V, yang menghasilkan daya dorong 7,6 juta pon.

Starship
(Mesin raptor - credit: spacex.com)

Mesin Raptor adalah mesin pembakaran bertahap metana-oksigen reusable, berfungsi untuk menggerakkan sistem Starship dan memiliki daya dorong dua kali lipat dari mesin Falcon 9 Merlin.

Starship akan ditenagai oleh enam mesin, tiga mesin Raptor, dan tiga mesin Raptor Vacuum (RVac), yang dirancang untuk digunakan di ruang hampa.

Super Heavy akan ditenagai oleh 33 mesin Raptor, dengan 13 mesin di tengah dan 20 sisanya di sekeliling ujung belakang booster.