Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Misi BepiColombo Ambisi Eropa untuk Eksplorasi Merkurius

Misi BepiColombo adalah misi yang bertujuan untuk mengeksplorasi planet Merkurius. Misi ini juga menjadi yang pertama bagi Eropa dalam melakukan eksplorasi ke planet terkecil di tata surya dan yang paling dekat dengan Matahari ini.

BepiColombo
(Ilustrasi Misi BepiColombo - Credit: European Space Agency)

Eropa atau ESA (European Space Agency) bukan satu-satunya dalam Misi BepiColombo, Jepang melalui JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency) juga turut ikut andil dalam misi yang "seru" ini.

BepiColombo terdiri dari dua pengorbit ilmiah: Mercury Planetary Orbiter (MPO) milik ESA dan Mercury Magnetospheric Orbiter (MMO) milik JAXA.

Peluncuran BepiColombo dilakukan pada tanggal 20 Oktober 2018. Peluncuran dilakukan pada penerbangan Ariane VA245 dari Pelabuhan Antariksa Eropa di Kourou, Guyana Prancis.

BepiColombo diperkirakan akan tiba di Merkurius pada tanggal 5 Desember 2025. Kemudian, awal operasi sains rutin di Merkurius diharapkan dilaksanakan pada bulan Februari 2026.

Dikutip dari esa.int, misi BepiColombo akan mempelajari seluruh aspek Merkurius, mulai dari struktur dan dinamika magnetosfernya dan bagaimana ia berinteraksi dengan angin Matahari, hingga struktur internalnya dengan inti besi yang besar, dan asal usul medan magnet planet tersebut.

Dengan adanya misi ini, diharapkan akan membuat peta global komposisi unsur dan kimia permukaan, serta fitur gambar untuk lebih memahami proses geologi dan bagaimana permukaan termodifikasi seiring waktu oleh kawah tumbukan, aktivitas tektonik, vulkanisme, dan endapan es kutub.

Data dari misi ini akan memungkinkan para ilmuwan untuk memahami lebih banyak tentang asal usul dan evolusi sebuah planet yang terletak dekat dengan parent star (Matahari), dan pemahaman yang lebih baik tentang keseluruhan evolusi tata surya kita.

Mengapa Diberi ini Diberi Nama BepiColombo?

Dikutip dari esa.int, Nama misi ini diambil dari nama ahli matematika dan insinyur Italia Giuseppe (Bepi) Colombo (1920–84).

Beliau dikenal karena menjelaskan karakteristik aneh Merkurius yang berputar pada porosnya tiga kali dalam setiap dua orbit Matahari.

Beliau juga mengusulkan kepada NASA lintasan antar planet yang memungkinkan Mariner-10 terbang melintasi Merkurius, dengan menggunakan bantuan gravitasi di Venus untuk pertama kalinya.

Buat yang belum tahu, Mariner-10 adalah pesawat luar angkasa robotik Amerika yang diluncurkan oleh NASA pada 3 November 1973, untuk terbang melintasi planet Merkurius dan Venus.

Di mana BepiColombo Sekarang?

Apabila sangat antusias tentang keberadaan BepiColombo dan ingin tahu jalur orbitnya, Anda dapat langsung mengunjungi situs resminya Where Is Bepicolombo?. Di sana Anda akan mendapatkan informasi yang lengkap tentang titik keberadaan BepiColombo, lengkap dengan Flyby-nya.