Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Fakta Planet Merkurius, Terdekat dengan Matahari dan Planet Paling Kecil

Luar angkasa sangat menarik untuk dipelajari, terdapat berbagai fakta-fakta memukau yang seringkali membuat kita terkagum-kagum. Salah satunya adalah fakta tentang planet Merkurius.

Planet Merkurius
(Mercury in Color Credit Image: NASA)

Planet Merkurius merupakan termasuk ke dalam satu dari delapan planet yang ada di Tata Surya. Banyak sekali hal menarik dari planet berwarna abu-abu ini yang mungkin belum Anda ketahui.

Oleh karena itu, untuk menjawab rasa penasaran Anda, pada artikel ini akan kami berikan tujuh fakta menarik tentang planet Merkurius.

1. Planet Paling Dekat dengan Matahari

Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan Matahari. Merkurius memiliki orbit yang paling elips dari semua planet. Jarak paling dekat Merkurius dengan Matahari adalah 47 juta km, sedangkan jarak terjauhnya 70 juta km.

Dikutip dari science.nasa.gov, dari permukaan Merkurius, Matahari akan tampak tiga kali lebih besar dibandingkan jika dilihat dari Bumi, dan sinar matahari akan tujuh kali lebih terang.

2. Planet Paling Kecil

Merkurius adalah planet terkecil di Tata Surya. Jika diibaratkan, ukuran planet Merkurius hanya sedikit lebih besar dari Bulan-nya Bumi. Diameter Merkurius adalah 3.030 mil (4.878 km) atau sekitar dua perlima ukuran Bumi.

3. Bukan Planet Terpanas

Planet terpanas adalah Venus dan bukan Merkurius. Banyak orang beranggapan bahwa Merkurius merupakan planet terpanas di Tata Surya karena jaraknya yang paling dekat dengan Matahari, tetapi itu adalah anggapan yang salah.

Dikutip dari science.nasa.gov, meskipun letaknya dekat dengan Matahari, Merkurius bukanlah planet terpanas di tata surya kita – gelar tersebut dimiliki oleh Venus yang berada di dekatnya, karena atmosfernya yang padat.

Panas ekstrem di Venus disebabkan oleh atmosfer tebal yang sebagian besar terdiri dari karbon dioksida, sehingga menciptakan efek rumah kaca dan memerangkap panas. Hal ini menjadikan Venus sebagai planet terpanas di Tata Surya kita.

4. Planet yang Tidak Memiliki Satelit

Planet Merkurius tidak memiliki satelit alami atau bulan. Jadi, seperti halnya Venus, Merkurius juga tidak memiliki bulan.

Dikutip dari science.nasa.gov, dari planet-planet terestrial (berbatu) di Tata Surya bagian dalam, baik Merkurius maupun Venus tidak mempunyai bulan sama sekali. Bumi mempunyai satu bulan, dan Mars mempunyai dua bulan kecil. Di tata surya bagian luar, raksasa gas Jupiter dan Saturnus serta raksasa es Uranus dan Neptunus memiliki lusinan bulan.

5. Planet Tercepat dan Alasan Mengapa Diberi Nama Merkurius

Dikutip dari space.com, Merkurius merupakan planet terdekat dengan matahari dan juga planet terkecil di tata surya. Planet kecil dan berkawah ini tidak memiliki bulan dan mengelilingi Matahari lebih cepat dibandingkan planet lain mana pun di Tata Surya, oleh karena itu orang Romawi menamainya dengan nama dewa pembawa pesan mereka yang gesit, Dewa Merkurius (God Mercury).

Merkurius bergerak mengelilingi Matahari setiap 88 hari, melakukan perjalanan melintasi ruang angkasa dengan kecepatan hampir 47 kilometer per detik, lebih cepat daripada planet lain mana pun. Merkurius berputar perlahan pada porosnya dan menyelesaikan satu rotasi setiap 59 hari Bumi.

6. Planet Merkurius Sebagian Besar Terdiri dari Besi

Secara tampilan Merkurius mirip dengan Bulan-nya Bumi. Planet Merkurius bersifat terestrial, artinya memiliki permukaan padat dan sebagian besar terbuat dari batuan silikat atau logam. Planet Merkurius sebagian besar terdiri dari besi (iron).

7. Tidak Memungkinkan Adanya Potensi Kehidupan

Lingkungan Merkurius tidak kondusif bagi kehidupan seperti yang kita ketahui. Suhu dan radiasi Matahari yang menjadi ciri planet Merkurius, membuat kemungkinan besar terlalu ekstrem bagi organisme untuk beradaptasi.