Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Roket, Pesawat Ulang-Alik, Kapsul Luar Angkasa?

Banyak sekali istilah sulit atau membingungkan dalam dunia kedirgantaraan, khususnya yang berkaitan dengan luar angkasa. Contohnya seperti apa itu roket, pesawat ulang alik, kapsul luar angkasa, dan masih banyak lagi.

Pesawat Luar Angkasa

Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan beberapa istilah kedirgantaraan yang sekiranya "asing" di kalangan orang awam atau orang yang kesehariannya tidak berkecimpung di dunia kedirgantaraan.

1. Perbedaan Dirgantara dan Kedirgantaraan

Dirgantara adalah ruang yang ada di sekeliling dan melingkupi Bumi, terdiri atas ruang udara dan antariksa. Sedangkan kedirgantaraan adalah bidang disiplin teknik yang mempelajari segala sesuatu yang terkait dengan upaya penjelajahan manusia di dalam atmosfer dan di luar angkasa.

2. Memahami Arti Wahana Antariksa, Pesawat Ulang-Alik, Kapsul, dan Pesawat Luar Angkasa

Pesawat luar angkasa (spacecraft) adalah kendaraan atau mesin apapun yang dirancang untuk terbang di luar angkasa.

Wahana antariksa (space probes) adalah perangkat tanpa pilot dan tanpa awak yang dikirim untuk menjelajahi luar angkasa dan mengumpulkan informasi ilmiah.

Pesawat ulang-alik (space shuttle) adalah kendaraan peluncuran roket yang sebagian dapat digunakan kembali, dan dirancang untuk mengorbit di sekitar Bumi, untuk mengangkut orang dan kargo ke dan dari pesawat luar angkasa yang mengorbit (seperti ISS), dan untuk meluncur ke landasan pacu saat kembali ke permukaan Bumi.

Kapsul luar angkasa (space capsule) adalah pesawat luar angkasa yang dirancang untuk mengangkut kargo, eksperimen ilmiah, dan/atau astronot ke dan dari luar angkasa.

Meskipun kapsul luar angkasa dan pesawat ulang-alik dirancang untuk mengangkut astronot dan kargo ke luar angkasa, tetapi keduanya memiliki desain dan kemampuan yang berbeda.

Jadi, semua wahana antariksa dan pesawat ulang-alik adalah termasuk pesawat luar angkasaNamun, tidak semua pesawat luar angkasa adalah pesawat ulang-alik atau wahana antariksa.

Intinya, satelit, kapsul, roket, ulang-alik, atau apapun itu yang ditujukan untuk terbang di luar angkasa adalah termasuk pesawat luar angkasa.

3. Apa itu Roket, Kendaraan Peluncuran, dan Rudal?

Roket (rocket) adalah kendaraan yang menggunakan tenaga penggerak untuk menghasilkan daya dorong dan bergerak di udara atau luar angkasa.

Kendaraan peluncuran (launch vehicle) adalah jenis roket yang dirancang khusus untuk meluncurkan muatan ke luar angkasa.

Rudal (missile) adalah senjata self-propelled berpemandu yang dirancang untuk mengirimkan muatan ke sasaran tertentu.

Perbedaan utama antara roket, kendaraan peluncuran, dan rudal adalah tujuan penggunaannya.

Roket digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk penelitian ilmiah, eksplorasi luar angkasa, dan peluncuran satelit.

Kendaraan peluncuran digunakan khusus untuk meluncurkan muatan ke luar angkasa, seperti satelit dan pesawat luar angkasa.

Rudal digunakan sebagai senjata, biasanya untuk tujuan militer. Mereka dipandu ke sasarannya, dan dapat diluncurkan dari darat, laut, dan udara.