Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tiangong Stasiun Luar Angkasa China

Tiangong adalah stasiun luar angkasa yang dioperasikan oleh China. Tiangong secara harfiah dapat diartikan sebagai "Istana Langit."

Mengenal Tiangong-1

Tiangong merupakan salah satu dari tiga stasiun luar angkasa China, yang pertama diluncurkan pada tanggal 29 September 2011.

Pada dua Tiangong pertama memiliki bentuk silinder seberat 8.500 kg dengan diameter 3,4 meter. Keduanya memiliki dua bagian: modul bertekanan depan yang berisi ruang hidup para astronot dan modul instrumen belakang tidak bertekanan yang berisi sistem propulsi Tiangong.

Tiangong

Pada bulan November 2011 Pesawat ruang angkasa tanpa awak Shenzhou 8 secara otomatis merapat ke Tiangong-1. Kemudian, pada bulan Juni 2012, Shenzhou 9 yang merupakan misi berawak tiba di Tiangong-1. Shenzhou 10, penerbangan berawak terakhir yang mengunjungi Tiangong-1, tiba pada bulan Juni 2013.

Tiangong-1 memasuki kembali atmosfer Bumi sekitar pukul 00:16 UTC pada tanggal 2 April 2018 di atas Samudra Pasifik Selatan pada 24,5°LS 151,1°BB. Menurut kantor berita pemerintah Tiongkok Xinhua, stasiun tersebut sebagian besar sudah terbakar.

Mengenal Tiangong-2

Pada 15 September 2016 Tiangong-2 diluncurkan. Selama mengorbit Bumi, hanya satu penerbangan luar angkasa yang mengunjungi Tiangong-2, yaitu Shenzhou 11, tercatat dua astronot tinggal di stasiun tersebut selama 33 hari mulai bulan Oktober 2016.

Tiangong

Namun, terdapat pesawat luar angkasa kargo tanpa awak, Tianzhou 1, melakukan manuver docking dan pengisian bahan bakar di stasiun tersebut pada tahun 2017.

Stasiun luar angkasa Tiongkok Tiangong-2 telah secara resmi mengakhiri misinya, dan seluruh keberadaan fasilitas penelitian orbital pada bulan Juli 2019.

Platform tersebut melakukan de-orbit dan terbakar seperti yang direncanakan tepat setelah pukul 09.00 ET pada hari Jumat, dan jatuh di atas Samudra Pasifik Selatan, sebagaimana dikonfirmasi oleh badan antariksa resmi Tiongkok.

Mengenal Tiangong-3

Tiangong-3 merupakan stasiun luar angkasa yang dioperasikan China saat ini. Memiliki tiga modul: modul inti, Tianhe, yang diluncurkan pada tahun 2021, dan dua modul sains, Wentian, yang diluncurkan pada tahun 2022, dan Mengtian, yang diluncurkan pada akhir tahun 2022.

Misi berawak pertama, Shenzhou 12, membawa tiga astronot dan berlabuh di Tianhe pada Juni 2021.

Tiangong

Stasiun luar angkasa baru ini rencananya akan berbagi orbitnya dengan teleskop luar angkasa Xuntian agar astronot dapat dengan mudah memperbaiki dan meningkatkan teleskop.

Seperti Tiangong 2, stasiun ini akan dilayani oleh pesawat ruang angkasa Tianzhou.


Referensi: