Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Canggihnya Perseverance Robot Penjelajah Mars Milik NASA

Perseverance Rover
(Perseverance Rover - Image Credit: NASA)

Dunia luar angkasa sangat luas, terdapat banyak sekali planet yang sangat menarik untuk dipelajari, salah satunya planet Mars.

Sudah sejak lama para ilmuwan tertarik dengan Mars. NASA merupakan yang terdepan dalam hal eksplorasi planet yang dijuluki sebagai planet merah ini.

Selama bertahun-tahun, mereka telah mengirimkan empat kendaraan robot atau penjelajah (rover) untuk mempelajari lebih lanjut tentang Mars.

Saat ini, penjelajah Mars kelima NASA, Perseverance, telah mendarat di Planet Merah pada Februari 2021.

Perseverance adalah robot penjelajah yang diluncurkan dari Bumi pada 30 Juli 2020 dan tiba dengan selamat di Mars pada 18 Februari 2021.

Robot jelajah ini sedang mempelajari wilayah Mars yang disebut kawah Jezero.

Penjelajah ini akan menjawab banyak pertanyaan tentang planet Mars dan mencari tanda-tanda kehidupan mikroba di masa lalu.

Perseverance Rover
(Kawah Jezero - Image Credit: NASA)

Perlu diketahui, kawah Jezero adalah kawah yang dianggap menarik bagi para ilmuwan, ini karena merupakan wilayah Mars yang sangat tua dan mungkin pernah menjadi situs delta sungai kuno.

Bebatuan di wilayah ini dapat memberitahu kita tentang sejarah planet Merah dan mungkin telah menyimpan tanda-tanda kehidupan masa lalu di Mars. Kawah yang diduga pernah dibanjiri air ini berdiameter sekitar 45,0 km.

Baca Juga: Mengenal 8 Fase Bulan dan Waktu Terjadinya

Tujuan Pengiriman Perseverance Rover ke Mars

Tujuan Perseverance termasuk untuk mengidentifikasi lingkungan Mars kuno yang mampu mendukung kehidupan, mencari tanda-tanda kehidupan mikroba di masa lalu, mengumpulkan sampel batuan dan tanah di permukaan Mars, dan menguji metode untuk mendapatkan oksigen di atmosfer Mars.

Robot penjelajah ini akan membantu NASA merencanakan desain terbaik untuk mengirim astronot manusia menjelajahi Mars suatu hari nanti.

Spesifikasi Perseverance Rover

Perseverance (dalam Bahasa Indonesia artinya ketekunan/kegigihan) memiliki desain yang mirip dengan rover pendahulunya, Curiosity.

Walau demikian, Perseverance sudah mengalami berbagai peningkatan teknologi sehingga lebih mumpuni.

Untuk yang belum tahu, Curiosity adalah rover yang dikirim ke planet Mars sebelum Perseverance, Curiosity diluncurkan pada 26 November 2011 dan mendarat di Mars pada 6 Agustus 2012.

Perseverance memiliki ukuran layaknya mobil SUV kecil dengan dimensi yang kira-kira sama dengan Curiosity: panjangnya sekitar 10 kaki (tidak termasuk lengan robotnya), lebar 9 kaki, dan tinggi 7 kaki (panjang sekitar 3 meter, lebar 2,7 meter, dan tinggi 2,2 meter). Namun, dengan berat 2.260 pound (1.025 kilogram) sehingga Perseverance sekitar 278 pound (126 kilogram) lebih berat daripada Curiosity.

Teknologi Canggih yang Disematkan pada Perseverance

Perseverance dirancang agar dapat menguji teknologi baru untuk robot masa depan dan misi manusia ke Planet Mars. Itu termasuk autopilot untuk menghindari bahaya yang disebut Terrain Relative Navigation dan satu set sensor untuk mengumpulkan data selama pendaratan (Mars Entry, Descent and Landing Instrumentation 2, atau MEDLI2).

Selain itu, sistem navigasi otonom baru akan memungkinkan Perseverance melaju lebih cepat di medan yang menantang.

Seperti Curiosity, sistem daya dasar Perseverance adalah Multi-Mission Radioisotope Thermoelectric Generator (MMRTG) yang disediakan oleh Departemen Energi AS. Ia menggunakan panas dari peluruhan alami plutonium-238 untuk menghasilkan listrik.

Perseverance Rover
(Ingenuity Helicopter - Image Credit: NASA)

Perseverance membawa tujuh instrumen muatan utama, kamera sembilan belas, dan dua mikrofon.

Perseverance juga membawa helikopter mini Ingenuity ke Mars, yaitu sebuah pesawat eksperimental dan uji coba teknologi yang melakukan penerbangan pertama di planet lain pada 19 April 2021.

Per 22 Desember 2022, telah melakukan 37 penerbangan sukses. Penerbangan sukses ke-25 Ingenuity yang terjadi pada 8 April 2022, membuat helikopter mencatat rekor baru untuk kecepatan dan jarak tertinggi yang ditempuh selama satu penerbangan.


Referensi:

  • https://mars.nasa.gov/mars2020/
  • https://spaceplace.nasa.gov/mars-2020/en/
  • https://spaceplace.nasa.gov/mars-rovers/en/#:~:text=Over%20the%20years%2C%20NASA%20has,Opportunity%2C%20Curiosity%2C%20and%20Perseverance.&text=Mars%20is%20a%20fascinating%20planet,in%20reddish%20dust%20and%20dirt.