Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Misi Psyche dalam Menuju Asteroid Unik Kaya Logam

Pada 13 Oktober 2023, NASA berhasil melakukan peluncuran pesawat luar angkasa Psyche. Psyche lepas landas dari NASA Kennedy Space Center di Florida.

Sesuai namanya, pesawat luar angkasa Psyche akan menjalankan misi menuju asteroid Psyche. NASA mengungkapkan jika asteroid tersebut sangat unik karena kaya akan logam.

Misi Psyche
(Roket SpaceX Falcon Heavy dengan pesawat ruang angkasa Psyche terlihat di Launch Complex 39A. Credit: NASA/Aubrey Gemignani)

Para ilmuwan memperkirakan jika asteroid Psyche merupakan inti besi-nikel yang tersingkap dari sebuah planet awal, di mana itu adalah salah satu bahan penyusun tata surya kita.

Bumi planet yang kita tinggali ini sebetulnya juga memiliki inti logam, tetapi keberadaannya jauh berada di dalam perut Bumi, membuatnya susah untuk dilihat dan mengukurnya secara langsung.

Maka dari itu, asteroid ini memberi secercah cahaya untuk ilmuwan mempelajari inti logam, serta mempelajari sejarah kekerasan tabrakan dan akresi yang menciptakan planet terestrial (termasuk Bumi).

Baca Juga: OSIRIS-REx Spacecraft Pengambil Sampel Asteroid Bennu

Apa itu Asteroid Psyche?

Nama Psyche artinya adalah the goddess of the soul (dewi jiwa) yang diambil dari mitologi Yunani. Asteroid ini pertama kali ditemukan pada tahun 1852 oleh astronom Italia Annibale de Gasparis. Selain itu, Psyche merupakan asteroid ke-16 yang ditemukan, sehingga kadang disebut sebagai 16 Psyche.

Psyche bentuknya tidak beraturan (seperti kentang). Jika asteroid itu dibelah dua secara horizontal di ekuator, ukuran lebarnya akan 173 mil (280 kilometer) dan panjangnya 144 mil (232 kilometer). Sementara itu, luas permukaannya adalah 64.000 mil persegi (165.800 kilometer persegi).

Asteroid Psyche itu padat, diperkirakan sekitar 212 hingga 256 pon per kaki kubik (3.400 hingga 4.100 kilogram per meter kubik). Gravitasi di permukaan Psyche jauh lebih kecil dibandingkan di Bumi, bahkan juga lebih kecil dibandingkan di Bulan.

Psyche mengorbit Matahari di bagian luar sabuk asteroid utama antara Mars dan Jupiter. Jaraknya kira-kira tiga kali lebih jauh dari Matahari ke Bumi.

Karena Psyche dan Bumi mengorbit pada kecepatan yang berbeda, membuat jarak Bumi ke Psyche bervariasi, kurang dari 186 juta mil hingga lebih dari 372 juta mil.

Psyche kemungkinan besar terbuat dari campuran batu dan logam, dengan komposisi logam dari 30% hingga 60% volumenya.

Pasti Anda bertanya bagaimana cara mengetahui komposisi suatu asteroid? Jadi, komposisi asteroid ditentukan melalui pengamatan radar dan pengukuran inersia termal asteroid (seberapa cepat suatu benda memperoleh atau memancarkan kembali panas).

Baca Juga: Yuri Gagarin Manusia Pertama di Luar Angkasa

Kapan pesawat luar angkasa Psyche mencapai asteroid Psyche?

Misi Psyche
(Credit: NASA/JPL-Caltech)

Gravitasi Asteroid Psyche akan "menangkap" pesawat luar angkasa pada akhir Juli 2029, dan Psyche akan memulai misi utamanya pada bulan Agustus. Ia akan menghabiskan waktu sekitar dua tahun mengorbit asteroid untuk mengambil gambar, memetakan permukaan, dan mengumpulkan data untuk menentukan komposisi Psyche.


Referensi: