Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Misi Lucy NASA

Pada 16 Oktober 2021 NASA meluncurkan misinya yang diberi nama Lucy. Tujuan utama dari misi ini adalah untuk melakukan eksplorasi terhadap sekelompok asteroid yang disebut Trojan, yang berbagi orbit Jupiter mengelilingi Matahari.

Misi Lucy

Mengapa diberi nama Lucy? Jadi, nama misi Lucy diambil dari kerangka fosil hominin awal (nenek moyang pra-manusia) yang ditemukan di Ethiopia pada tahun 1974 dan diberi nama “Lucy” oleh tim ahli paleoantropologi yang menemukannya.

Mengenal Asteroid Trojan

Trojan Jupiter, biasa disebut asteroid trojan adalah sekelompok besar asteroid yang berbagi orbit dengan planet Jupiter mengelilingi Matahari.

Misi Lucy

Lebih dari 9.800 trojan Jupiter telah ditemukan pada Mei 2021. Berdasarkan konvensi, masing-masing trojan tersebut diberi nama berdasarkan mitologi Yunani yang diambil dari nama tokoh Perang Trojan, oleh karena itu dinamakan "Trojan".

Achilles adalah asteroid Trojan Jupiter berukuran besar dan yang pertama yang ditemukan, penemunya adalah astronom Jerman yang bernama Max Wolf di Observatorium Heidelberg pada tahun 1906.

Baca Juga: Tujuan Misi Juice Eksplorasi Planet Jupiter dan 3 Bulannya

Tujuan dari Misi Lucy

Kehidupan ini penuh misteri, banyak hal yang belum kita ketahui, salah satunya bagaimana kehidupan ini tercipta. Berbagai macam cara sudah dilakukan, dari berbagai penelitian di Bumi, sampai melakukan penelitian terhadap benda luar angkasa, seperti asteroid.

Asteroid, komet, dan dunia kecil lainnya adalah sisa bahan pembentuk planet dari pembentukan tata surya kita.

Misi Lucy

Sekitar 4 miliar tahun yang lalu, rantai migrasi planet yang kacau membawa sebagian dari planet lain ke Bumi, kemungkinan membawa air dan bahan organik, di mana itu merupakan bahan penyusun kehidupan yang kita kenal sekarang.

Tidak ada yang tahu persis apa yang terjadi dulu, dan di Bumi, proses seperti cuaca dan aktivitas geologi telah menghapus sebagian besar sejarah planet yang kita tinggali ini tercipta.

Namun, asteroid-asteroid yang melayang di luar angkasa sebagian besar tidak tersentuh, sehingga dapat digunakan sebagai fosil yang siap mengungkap rahasia kisah asal-usul kita dan kehidupan ini.

Lucy adalah misi kunjungan NASA pertama ke kelompok asteroid yang disebut Trojan yang berbagi orbit Jupiter mengelilingi Matahari.

Trojan mungkin terbentuk lebih dulu sebelum tertangkap oleh gravitasi Jupiter, dan kemungkinan besar memiliki campuran bahan awal tata surya yang berbeda dibandingkan asteroid lain yang pernah NASA eksplorasi sebelumnya.

Timeline Misi Lucy

16 Oktober 2021Pesawat ruang angkasa Lucy diluncurkan.

16 Oktober 2022Lucy melakukan penerbangan lintas Bumi pertama dan dengan bantuan gravitasi untuk berpindah ke orbit dua tahun.

1 November 2023Lucy bertemu dengan asteroid sabuk utama (152830) Dinkinesh.

12 Desember 2024—Lucy mendapatkan bantuan terbang lintas dan gravitasi Bumi yang kedua, mengirimkan Lucy menuju asteroid Trojan.

20 April 2025—Lucy bertemu dengan asteroid sabuk utama (52246) Donaldjohansen.

12 Agustus 2027—Lucy bertemu dengan asteroid Trojan (3548) Eurybates dan satelitnya, Queta.

15 September 2027—Lucy bertemu dengan asteroid Trojan (15094) Polymele.

18 April 2028—Lucy bertemu dengan asteroid Trojan (11351) Leucus.

11 November 2028—Lucy bertemu dengan asteroid Trojan (21900) Orus.

25 Desember 2030—Lucy melakukan flyby Bumi ketiga dan bantuan gravitasi.

3 Maret 2033—Lucy bertemu dengan pasangan biner (617) Patroclus dan Menoetius.

2033Akhir dari Misi Utama. Lucy akan terus mengorbit Matahari, melewati kawanan Trojan bergantian selama ratusan ribu, bahkan jutaan tahun.


Referensi: