Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuan Misi Juice Eksplorasi Planet Jupiter dan 3 Bulannya

Pada 14 April 2023 misi Juice mulai diluncurkan di Guiana Space Center, Prancis menggunakan roket Ariane 5. Juice (JUpiter ICy moons Explorer) adalah misi ESA (European Space Agency) yang bertujuan untuk melakukan pengamatan mendalam planet Jupiter dan ketiga bulan es terbesarnya: Ganymede, Callisto, dan Europa.


Misi Juice

Akan tetapi, NASA tetap memiliki andil dalam misi Juice. Di antaranya adalah NASA menyediakan Ultraviolet Spectrograph (UVS) untuk misi Juice, serta subsistem dan komponen untuk dua instrumen tambahan: Particle Environment Package (PEP) dan eksperimen Radar for Icy Moon Exploration (RIME).

Mengenal Planet Jupiter

Jupiter adalah planet kelima dari Matahari dan sejauh ini merupakan planet terbesar di tata surya. Garis-garis dan pusaran pada Jupiter sebenarnya adalah awan amonia dan air yang dingin dan berangin, mengambang di atmosfer hidrogen dan helium.

Misi Juice ini akan mengungkap bagaimana gelombang, energi, dan material bergerak antara atmosfer bawah, tengah, dan atas Jupiter.

Atmosfer Jupiter menerima energi dari luar (Matahari) dan dari dalam (panas internal), dan misi Juice akan membantu kita memahami bagaimana interaksi antara kedua sumber energi ini membentuk iklim Jupiter.

Baca Juga: Mengenal Tiangong Stasiun Luar Angkasa China

Pengamatan Tiga Bulan Es Terbesar Jupiter

Terdapat 95 bulan mengelilingi planet Jupiter yang dikonfirmasi pada 23 Maret 2023. Sementara itu, tiga bulan es terbesar Jupiter adalah Europa, Ganymede, dan Callisto. Ketiganya menunjukkan tanda-tanda keberadaan lautan air cair di bawah kerak esnya.

Di Bumi, kehidupan tumbuh subur di bagian terdalam dan tergelap di lautan dekat lubang hidrotermal. Nah, misi Juice ini salah satunya adalah mengungkap apakah ada kehidupan di ketiga bulan es itu.

Desain Pesawat Ruang Angkasa Juice

Dalam mendesain pesawat ruang angkasa banyak sekali faktor yang harus dipertimbangkan. Salah satunya harus mampu menghadapi tantangan seperti suhu yang sangat tinggi dan rendah, kurangnya sinar matahari di Jupiter, dan tingginya tingkat radiasi di sekitar Jupiter.

Misi Juice

Juice telah dirancang khusus untuk mengatasi semua tantangan tersebut dan banyak masalah lainnya. Misalnya:

1) Perisai telah digunakan untuk melindungi perangkat elektronik sensitif pesawat ruang angkasa.

2) Panel surya besar akan memungkinkannya mengumpulkan banyak sinar matahari.

3) Isolasi Multi-Lapisan akan menjaganya pada suhu stabil.

4) Antena besar akan membantunya berkomunikasi dengan para insinyur di Bumi.

5) Terdapat komputer yang kuat–'otak' Juice–akan membantunya menyelesaikan beberapa masalah secara mandiri, tanpa perlu menghubungi Bumi sama sekali.

Timeline Misi Juice

  • 14 April 2023—Peluncuran dari Kourou dengan Ariane 5
  • Agustus 2024—Flyby Bumi #1
  • Agustus 2025—Flyby Venus
  • September 2026—Flyby Bumi #2
  • Januari 2029—Flyby Bumi #3
  • Juli 2031—Penyisipan orbit Jupiter
  • Juli 2031- Juni 2032—Fase pengurangan energi
  • Juli 2032—Flyby 2 Europa
  • Agustus 2032-Agustus 2033F—Fase miring Jupiter - Flyby Callisto
  • November 2033-November 2034—Tahap "transfer ke Ganymede"
  • Desember 2034—Penyisipan orbit Ganymede
  • September 2035—Akhir misi


Referensi: