Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Ciri-ciri Planet Mars dan Fakta Menariknya, Terdapat Oksigen

Planet Mars adalah salah satu dari delapan planet yang ada di tata surya. Mars adalah planet terdekat keempat dari Matahari.

Mars dinamai oleh orang Romawi kuno untuk dewa perang mereka karena warnanya yang kemerahan mengingatkan pada darah. Warnanya yang merah juga membuatnya dijuluki sebagai planet merah.

Membahas planet Mars memang sangat menarik. Bagaimana tidak, saat ini sudah banyak penelitian tentang planet ini sehingga di masa depan dapat dihuni oleh manusia.

Baca Juga: Mengenal Pasang Surut Air Laut dan Penyebabnya

Selain itu, Mars juga masih memiliki banyak hal yang menarik untuk dipelajari. Oleh karena itu, pada artikel ini akan membahas tujuh ciri-ciri dan fakta paling menarik dari planet merah.

Planet Mars
(Planet Mars - Image Credit: NASA)

1. Terdapat Gunung Berapi Terbesar di Tata Surya

Ciri-ciri pertama adalah adanya Olympus Mons, yaitu merupakan gunung berapi yang ada di planet Mars, sekaligus sebagai yang terbesar di tata surya.

Olympus Mons adalah gunung api perisai dengan diameter 624 km, tingginya 25 km, dan dibatasi oleh tebing curam setinggi 6 km.

Olympus Mons memiliki sebuah kaldera selebar 80 km yang terletak di puncak Olympus Mons.

Sebagai perbandingan, gunung berapi terbesar di Bumi adalah Mauna Loa. Mauna Loa adalah gunung berapi perisai setinggi 10 km dan lebar 120 km.

Volume Olympus Mons sekitar 100 kali lebih besar dari Mauna Loa. Nyatanya, seluruh rangkaian pulau Hawaii (dari Kauai hingga Hawaii) akan muat di dalam Olympus Mons. Luar biasa!

2. Planet Terkecil Kedua di Tata Surya

Mars adalah planet terkecil kedua di tata surya setelah Merkurius. Dengan radius 3.390 kilometer, Mars berukuran sekitar setengah ukuran Bumi.

Seberapa jauh Mars? Jawaban pastinya bervariasi, ini karena planet Bumi dan Mars terus bergerak di sepanjang orbitnya sendiri mengelilingi Matahari. Namun rata-rata, Mars berjarak sekitar 225 juta km/140 juta mil dari Bumi.

3. Perbedaan Revolusi Bumi dan Mars

Planet yang beredar memutari penuh matahari dalam satu putaran disebut dengan revolusi planet.

Bumi mengitari Matahari dengan kecepatan sekitar 67.000 mil per jam, membuat revolusi penuh dalam waktu sekitar 365 hari atau sama artinya satu tahun di Bumi.

Mars sedikit lebih lambat, dan lebih jauh dari matahari sehingga untuk satu putaran penuh mengitari Matahari membutuhkan 687 hari Bumi atau satu tahun Mars.

4. Planet Mars itu Dingin

Suhu di planet Mars bisa setinggi 70 derajat Fahrenheit (20 derajat Celcius) atau serendah sekitar -225 derajat Fahrenheit (-153 derajat Celcius).

Dan karena atmosfernya sangat tipis, panas Matahari dengan mudah keluar dari planet ini.

Jika Anda berdiri di permukaan Mars di ekuator pada siang hari, rasanya seperti musim semi di kaki Anda (75 derajat Fahrenheit atau 24 derajat Celcius) dan musim dingin di kepala Anda (32 derajat Fahrenheit atau 0 derajat Celcius).

5. Gravitasi di Planet Mars

Seberapa kuat gravitasi di Mars? Karena Mars memiliki massa lebih kecil dari Bumi, gravitasi permukaan di Mars lebih kecil daripada gravitasi permukaan di Bumi.

Gravitasi permukaan di Mars hanya sekitar 38% dari gravitasi permukaan di Bumi.

Jadi, jika Anda menimbang 100 pound (45,36 kg) di Bumi, berat Anda hanya 38 pound (17,24 kg) di Mars.

Baca Juga: Canggihnya Starlink Satelit Internet Punya Elon Musk

6. Terdapat Oksigen Di Planet Mars

Ya, di planet Mars terdapat oksigen, tetapi sangat sedikit. Kepadatan oksigen di Mars adalah sekitar 1/10.000 dari yang kita miliki di Bumi.

Atmosfer Mars memiliki banyak karbon dioksida, sekitar 500 kali lebih banyak CO2 daripada oksigen.

Jadi, jika ingin dapat bernafas di Mars maka kita harus mengekstraksi oksigen dari karbon dioksida di atmosfer Mars. Itu yang akan dilakukan NASA kelak ketika mengirim awak ke sana.

7. Mars Memiliki 2 Satelit Alami

Bumi memiliki satelit alami yang disebut Bulan. Namun, Mars juga punya satelit alaminya sendiri yang berjumlah 2 dan diberi nama Phobos dan Deimos.

Meskipun keduanya memiliki orbit yang hampir melingkar dan bergerak dekat dengan bidang ekuator planet Mars, keduanya tidak rata dan gelap.

Phobos perlahan-lahan semakin dekat ke Mars dan bisa menabrak planet itu dalam 40 atau 50 juta tahun. Atau gravitasi planet mungkin menghancurkan Phobos sehingga menciptakan cincin tipis di sekitar Mars.


Referensi:

  • https://mars.nasa.gov/gallery/atlas/olympus-mons.html#:~:text=Olympus%20Mons%20is%20a%20shield,on%20Earth%20is%20Mauna%20Loa.
  • https://mars.nasa.gov/resources/21392/mars-in-a-minute-how-long-is-a-year-on-mars/#:~:text=The%20Earth%20zips%20around%20the,days%20%2D%20or%20one%20Mars%20year.
  • https://solarsystem.nasa.gov/planets/mars/in-depth/#:~:text=The%20temperature%20on%20Mars%20can,Sun%20easily%20escapes%20this%20planet.
  • https://solarsystem.nasa.gov/moons/in-depth/#:~:text=The%20two%20moons%20of%20Mars,40%20or%2050%20million%20years.